Rabu, 02 Februari 2011

HUKUM I,II,III NEWTON

1). Hukum I Newton menyatakan bahwa :
          "jika sebuah benda dalam keadaan diam maka benda akan tetap diam selama tidak ada gaya yang mempengaruhinya.Tetapi jika sebuah benda sedang bergerak maka akan tetap bergerak selama tidak ada gaya yang menyebabkan berhenti"
         F=0,jumlah gaya-gaya pada benda nol 


Kecenderungan suatu benda untuk tetap bergerak atau mempertahankan keadaan diam dinamakan inersia.Sifat lembam ini dapat kita amati, misalnya ketika mengeluarkan saus tomat dari botol dengan mengguncangnya. Pertama, kita memulai dengan menggerakan botol ke bawah; pada saat kita mendorong botol  ke atas, saus akan tetap bergerak ke bawah dan jatuh pada makanan. Kecenderungan sebuah benda yang diam untuk tetap diam juga diakibatkan oleh inersia alias kelembaman. Misalnya ketika kita menarik selembar kertas yang ditindih oleh tumpukan buku tebal dan berat. Jika lembar kertas tadi ditarik dengan cepat, maka tumpukan buku tersebut tidak bergerak.Contoh lain yang sering kita alami adalah ketika berada di dalam mobil. Apabila mobil bergerak maju secara tiba-tiba, maka tubuh kita akan sempoyongan ke belakang, demikian juga ketika mobil tiba-tiba direm, tubuh kita akan sempoyongan ke depan. Hal ini diakibatkan karena tubuh kita memiliki kecenderungan untuk tetap diam jika kita diam dan juga memiliki kecenderungan untuk terus bergerak jika kita telah bergerak.Hukum Pertama Newton telah dibuktikan oleh para astronout pada saat berada di luar angkasa. Ketika seorang astronout mendorong sebuah pensil (pensil mengambang karena tidak ada gayagravitasi),pensil tersebut bergerak lurus dengan laju tetap dan baru berhenti setelah menabrak dinding.  
2).  Hukum II Newton menyatakan bahwa :
        "percepatan yang dialami sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda itu.Arah percepatan benda sama dengan arah gaya yang bekerja pada benda. 
           a=F/m,atau F=m.a
a adalah percepatan,m adalah massa.Karena Fadalah gaya maka,∑ berarti jumlah vektor dari semua gaya yang bekerja pada benda tersebut,yang kita kenal sebagai gaya total. 
contoh soal 1 :

Berapakah gaya total yang dibutuhkan untuk memberi percepatan sebesar 10 m/s2 kepada mobil yang
bermassa 2000 kg ?
    Jawaban :
∑F=m.a =2000 kg.10 m/s=20000 N
Contoh soal 2 :
Dirimu mendorong sebuah kotak bermassa 1 kg yang terletak pada permukaan meja datar tanpa
gesekan,dengan gaya sebesar 5 N. berapakah percepatan yang dialami kotak tersebut ?
    Jawaban : 
a =
∑F/m= 5kgm/s/1 kg=5m/s 
 3). Hukum III Newton menyatakan bahwa :
          "apabila suatu benda memberikan gaya (aksi) kepada benda kedua,benda kedua akan memberikan gaya kepada benda pertama dengan besar gaya yang sama dengan benda pertama dalam arah yang berlawanan"
                               Faksi=Freaksi 
1. Gaya aksi reaksi terjadi secara berpasangan, arahnya berlawanan, besarnya sama, dan bekerja pada benda yang berbeda. 


2. Terdapat tiga pasangan aksi-reaksi yang berarah horizontal pada gambar diatas. Pertama, pasangan aksi-reaksi gaya aksi dorongan Anda (panah merah sedang) dengan gaya reaksi dorongan balik balok pada Anda (biru sedang). Kedua, pasangan aksi-reaksi gaya aksi kaki Anda pada tanah (panah biru panjang) dan gaya reaksi tanah pada Anda (merah panjang). Ketiga gaya aksi balok pada tanah (merah pendek) dan gaya reaksi tanah pada balok (biru pendek). Gaya reaksi tanah pada benda juga dikenal sebagai gaya gesekan. 

3. Terdapat dua gaya pada balok B yakni gaya dorong Anda (merah) dan gaya gesek (biru). Karena gaya merah (ke kanan) lebih besar daripada gaya biru (ke kiri) maka ada resultan gaya ke kanan.



0 komentar:

Posting Komentar